Traveling seru di bulan Ramadhan

Beberapa waktu sebelum perayaan Idul Fitri biasanya Anda sudah libur dari kantor, kampus, atau sekolah dan bila seluruh persiapan yang dibutuhkan untuk hari raya telah rampung, sementara Anda masih punyai waktu luang, bagaimana kalau traveling saja. Tentu saja berwisata pada bulan Ramadhan akan berbeda bila dibandingkan dengan traveling pada hari biasa karena Anda tak dapat mengonsumsi makanan dan minuman sewaktu-waktu. Inilah sebabnya perlu trik khusus agar acara traveling tak membuat Anda tergoda untuk membatalkan puasa.

 

Panduan traveling di kala Ramadhan

Agar perjalanan wisata sekaligus ibadah puasa berjalan lancar, inilah beberapa tips yang bisa Anda coba.

  • Agar acara liburan bisa berjalan dengan lancar buatlah rencana perjalanan sebaik mungkin terutama dengan mempertimbangkan waktu bulan puasa. Saat harus menggunakan sarana transportasi umum jangan memilih tiket pemberangkatan dengan waktu yang berbenturan dengan saat sahur atau berbuka. Tentu saja ini tak berlaku bila Anda menggunakan kendaraan pribadi.
  • Bila berlibur di Negara-negara berpenduduk mayoritas muslim, sebaiknya hindari bepergian pada waktu jelang berbuka karena mungkin Anda harus menghadapi kepadatan lalu-lintas. Jika tak mempunyai pilihan lain jangan lupa membawa air mineral serta makanan kecil pada daftar barang yang Anda bawa.
  • Anda harus mengetahui dengan pasti lokasi yang hendak didatangi serta lama perjalanan yang akan ditempuh agar tak mengganggu ibadah sholat 5 waktu. Di sekitar lokasi wisata juga harus tersedia tempat ibadah, seperti masjid atau sekurang-kurangnya mushola.
  • Bersiaplah untuk berbagai situasi yang tidak terduga dalam perjalanan, misalnya, kemacetan, tiba-tiba sakit, penundaan jadwal, dan lain-lain.
  • Jangan lupakan obat-obatan untuk mengatasi gangguan kesehatan ringan, seperti obat flu, diare, masuk angin, dan mabuk kendaraan walaupun Anda merasa fit saat berangkat. Anda juga sebaiknya membawa plester luka atau cairan antiseptic untuk pertolongan pertama bila mengalami kecelakaan kecil.
  • Jagalah kesehatan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi saat berbuka dan sahur. Bila tujuan traveling Anda adalah Negara-negara agen togel online dengan penduduk mayoritas non muslim, lebih dahulu cari informasi dimana Anda bisa membeli hidangan yang halal dan

 

Aplikasi smartphone untuk traveler muslim

Untuk memudahkan acara traveling Anda, smartphone bisa sangat membantu dengan beberapa aplikasi berikut yang harus Anda unduh sebelumnya.

  1. Muslim Go Aplikasi – Aplikasi ini berguna untuk menemukan tempat ibadah terdekat komplit dengan waktu shalat serta arah kiblat. Saat bepergian di bulan Ramadhan Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui waktu berbuka dan sahur juga. Fasilitas lain yang tersedia pada Muslim Go adalah lokasi restoran halal di suatu tempat juga kumpulan doa, dan Al-Quran digital.
  2. Muslim Mate – Saat berada di zona waktu yang berbeda Anda bisa mengandalkan aplikasi ini untuk menentukan waktu shalat dengan tepat. Selanjutnya hampir sama dengan Muslim Go, Muslim Mate juga sangat membantu traveler muslim untuk  menentukan masjid terdekat, restoran halal, informasi cuaca sehari-hari, serta berbagai kisah sejarah dan kehidupan para nabi. Bisa menjadi pengisi waktu saat Anda bosan di perjalanan, bukan?
  3. Halal Trip – Selain menyediakan fasilitas untuk beribadah sebagaimana dua aplikasi di atas, Halal Trip juga akan menampilkan paket travel wisata halal ke berbagai Negara.
  4. Halal Tracking – Aplikasi karya anak bangsa ini juga menyediakan fasilitas seperti 3 aplikasi di atas. Dengan aplikasi ini Anda juga bisa melacak keberadaan hotel syariah terdekat serta destinasi wisata di suatu daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *